Asal dan Usul nama Kota Batu di Bogor - Sejarah BOGOR

Post Top Ad

Banyak cerita mengenai asal-usul pemberian nama Kota Batu yang terletak di kaki Gunung Salak, salah satunya adalah bahwa nama Kota Batu sudah digunakan setelah Gunung Salak meletus tahun 1699. Konon, akibat letusan yang maha dahsyat itu, di daerah ini banyak ditemukan batu-batu besar berserakan. Bahkan sampai saat ini pun, di kedalaman tanah masih banyak batu-batu keras yang bisa menyulitkan orang ketika menggalinya untuk membuat sumur atau apapun.


Saking dahysatnya letusan Gunung Salak pada bulan Januari 1699 itu membuat puncak Gunung Salak terbagi menjadi beberapa puncak. Padahal dulu, gunung ini dikenal dengan sebutan Gn Bunder karena puncaknya yang rata dan berbentuk bundar. (Toponimi Bogor: Eman Sulaeman)

Jalan di Kota Batu, Bogor tahun 1900 - 1910


Uniknnya, meski menggunakan nama Kota Batu, namun itu bukan merupakan nama sebuah Kota melainkan nama satu wilayah yang ada di kabupaten Bogor. Daerah ini sangat terkenal dengan kisah-kisah menarikĀ  di masa pemerintahan Hindia Belanda, mulai dari kisah Pak Serang, seorang bekas pelaut yang justru sukses setelah menjadi petani, juga adanya kolam pemandian milik orang Blenda, Dr Pleyte (pertengahan abad ke-19), dengan rumah peristirahatannya yang kini lenyap ditelan zaman.




Di sini pula ditemukan patung sapi di bekas sebuah kerajaan bawahan Kerajaan Purnawarman yang berkuasa sekitar tahun Saka 593. Oleh pemerintahan kolonial, patung sapi itu dipindahkan ke Kebun Raya Bogor atas saran Dr. Friedrich. Ia juga yang kemudian dengan isengnya membuat tulisan Sunda Kuna di sebuah batu yang dibawanya. Keberadaan benda-benda ini masih bisa ditemukan di dalam area Kebun Raya Bogor.

Cerita lain tentang asal-usul Kota batu adalah dari penuturan para sesepuh (orang-orang tua) di sana yang berkata bahwa asal nama Kota Batu karena di daerah ini dulunya pernah ada pagar tembok batu yang mengeliling rumah seorang tuan besarĀ  (Pejabat Pemerintahan).

Versi lain menyebutkan bahwa Kota Batu mengacu pada sebuah kisah tentang bangunan kute "kuta" atau pagar batu. Adapun pendapat lainnya mengatakan kalau Kota Batu adalah nama sebuah tempat berkumpulnya para resi Raja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad