Header Ads

Taman Kebon Kembang, sejarah yang terlupakan

Sejarah Bogor - Taman Stasiun atau Station Park dibangun bersamaan waktunya dengan diresmikannya jalur kereta api Bogor - Jakarta pada tahun 1882. Taman yang indah ini sengaja dibangun untuk memanjakan para tamu maupun pelancong yang baru tiba dari Stasiun Bogor.

Pada awal-awal tahun 1960an, sebagian kawasan taman ini dirubah fungsinya menjadi terminal dan sebagian lagi dimanfaatkan untuk perluasan Pasar Anyar. Adapun lahan taman yang tersisa kemudian diberinama menjadi Kebon Kembang.

taman kebon kembang bogor
Taman Wilhelmina / Stasion Park, pernah disebut Taman Kebon Kembang


Dalam perkembangannya, sisa lahan Kebon Kembang diokupasi menjadi Taman Ria Ade Irma Suryani. Setelah itu, lahan terminal pun dihapuskan seiring mulai difungsikannya terminal Baranang Siang. Bekas terminal ini pun dirubah fungsinya menjadi kawasan perekonomian dengan dibangunnya Taman Topi di atasnya.

Kerangka historis taman kebon kembang ini kerap disamarkan oleh para pemilik modal yang menganggap daerah ini sebagai pasar dan bekas terminal. Padahal, dari dulu sekali kawasan kebon kembang adalah taman kota yang memang dikhususkan sebagai taman hijau yang mampu menyegarkan pandangan.

Taman Kebon Kembang dari masa ke masa

Taman Kebon Kembang dari masa ke masa

Taman Kebon Kembang dari masa ke masa

Taman Kebon Kembang dari masa ke masa

sejarah bogor

sejarah bogor

sejarah bogor




No comments

Silakan komentar dengan sopan dan hindari komentar yang mengarah ke sara, ujaran kebencian, dan hujatan. Kami juga tidak mentolerir komentar spam.

Powered by Blogger.