Sejarah Pasar Anyar Bogor - Sejarah bogor

Post Top Ad

Sejarah Pasar Anyar Bogor

Share This
Jika mau menyusuri sejarah Bogor tempo dulu, nama Pasar Anyar sebenarnya sudah lebih dulu digunakan sebelum nama Pasar Kebon Kembang. Jadi kurang tepat rasanya kalau kemudian nama aslinya berubah, terlebih lagi area kebon kembang sudah menjadi taman di depan Stasiun Bogor. 


Sejarah Pasar Anyar Bogor



Mungkin juga perubahan nama Pasar Anyar menjadi Pasar Kebon Kembang tak lepas dari kisah pilu yang menyertai keberadaan pasar ini sejak berdiri. Bagi masyarakat Bogor yang lahir tahun 1950-1960an, tentu sudah tak asing dengan berita kebakaran yang melanda pasar ini setiap beberapa tahun sekali. Nah, mungkin juga untuk menolak bala, nama pasar ini kemudian diganti menjadi Pasar Kebon Kembang. 

Akan tetapi, meski sudah berganti namapun, pasar ini tetap saja mengalami kebakaran. Salah satunya yang terbesar dan sempat menjadi berita nasional adalah peristiwa kebakaran supermarket Ramayana pada tahun 1996 yang berada di lantai atas pasar kebon kembang. Beberapa tahun kemudian, yaitu tahun 2004 pasar kebon kembang kembali terbakar.  

Dari beberapa literatur yang saya ketahui, Pasar Anyar Bogor sudah ada sejak stasiun Bogor berdiri, yaitu setelah 1881. Keberadaan pasar anyar ini sendiri direncanakan sebagai pasar lokal setelah pasar baru yang terletak di Handelstraat dinaikkan statusnya menjadi Pasar Provinsi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad