Header Ads

Asam Urat Tinggi, Ada Penyakit Berbahaya Menanti

Asam urat tinggi sangat berbahaya. Pasalnya, ketika kadarnya sudah tinggi menyebabkan penyakit berbahaya.


Setiap manusia memiliki asam urat dalam tubuhnya. Akan tetapi, jika kadar asam uratnya tiggi itu menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Ini karena ada penyakit berbahaya yang mengintai.

Asam Urat Tinggi, Ada Penyakit Berbahaya Menanti


Menurut dr. Alvin Nursalim SpPD dari KlikDokter, asam urat adalah kristal yang merupakan produk akhir dari metabolisme pemecahan purin yang berasal dari sel hidup. Purin ini biasa terdapat dalam sayur, buah dan kacang-kacangan, maupun dari daging yang biasanya jeroan.

Asam urat yang terdapat pada tubuh akan meningkat jumlahnya pada kondisi tertentu. Misalnya karena pola makan, obat-obatan, dan faktor genetik.

Penyakit akibat asam urat tinggi

Ketika asam urat tinggi, Anda wajib mengetahui penyakit apa saja yang bisa membahayakan tubuh Anda. Berikut beberapa penyakit dikarenakan asam urat dalam tubuh sedang tinggi-tingginya:

1. Batu ginjal

Penyakit ginjal yang disebabkan oleh asam urat atau penumpukan kristal urat dapat terjadi melalui beberapa mekanisme yang berbeda. Pertama, kadar kristal urat yang tinggi dapat mengendap pada jaringan ginjal dan pada akhirnya menyebabkan cedera langsung pada ginjal. 

Mekanisme lainnya, kadar asam urat yang tinggi juga dapat menyebabkan pengendapan dan membentuk batu ginjal, sehingga terjadi gangguan aliran pada ginjal 

2. Gout

"Gangguan kesehatan ini merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya peradangan akut dari sendi dan biasanya terjadi pada sendi jempol kaki," ujar dr. Alvin. 

Penyakit ini bisa muncul dalam berbagai bentuk, paling sering adalah timbul adalah dalam bentuk peradangan sendi. Rasa nyeri hebat biasanya muncul pada malam hari. Ini juga ditandai dengan penurunan suhu tubuh.

3. Penyakit jantung dan pembuluh darah

Penyakit gagal jantung dan kadar asam urat yang tinggi dua hal yang berbahaya. Jika memiliki keduanya, risiko kematian lebih tinggi. Karena itu, orang dengan penyakit jantung selalu disarankan untuk memeriksakan kadar asam uratnya.

Kadar asam urat yang tinggi ternyata menyebabkan gangguan kesehatan lain yang lebih berbahaya. Maka dari itu, jangan pernah ragu untuk memeriksakan kadar asam urat Anda untuk mengetahui risiko berbagai penyakit yang mungkin menghampiri. 

Tidak ada komentar

Silakan komentar dengan sopan dan hindari komentar yang mengarah ke sara, ujaran kebencian, dan hujatan. Kami juga tidak mentolerir komentar spam.

Diberdayakan oleh Blogger.