Header Ads

Fakta unik dan menarik seputar Guinness

Guinness merupakan merk bir terkenal asal Irlandia yang dijual di lebih dari 150 negara. Minuman yang dikenal sebagai bir hitam ini memiliki kelezatan yang sangat menggoda.  Namun dibalik kelezatannya yang sangat menggoda, minuman yang dikenal sebagai bir hitam ini juga memiliki beberapa fakta yang cukup menarik. Berikut fakta unik dan menarik seputar Guinness. 



Di kawasan Eropa,bir hitam menjadi salah satu jenis minuman yang wajib ada terutama pada hari-hari penting keagamaan seperti St. Paddy's Day atau Sain Patrick's Day. Umumnya jenis bir hitam yang disajikan adalah merek Guinness dengan botolnya yang gemuk sebagai ciri khasnya. 

Walaupun bir hitam terlihat berwarna hitam gelap seperti kopi, tapi bir yang diproduksi di London sejak 1932 ini ternyata memiliki warna yang bukan hitam sama sekali. Yup, jika Kamu menuangkan Guinness pint secara perlahan sambil diarahkan ke cahaya lampu, akan jelas terlihat bahwa warna bir tersebut adalah merah ruby gelap.

Warna merah ruby berasal dari proses pembuatan bir itu sendiri. Guinness menggunakan bahan air, malt, hops, ragi, barley sehingga untuk menghasilkan aroma khas dan warna gelap maka malted barley harus melalui proses pemanggangan. Hasil pemanggangan inilah yang memunculkan warna merah ruby yang terlihat seperti hitam gelap dengan rasa natural yang khas dan kuat sehingga dapat menjadikan orang yang meminumnya akan menjadi lebih bersemangat. 

Tak jarang, karena warnanya yang gelap itu, muncul anggapan bahwa semakin gelap bir maka semakin banyak kandungan alkohol di dalamnya. Namun faktanya, bir hitam Guinness mempunyai kadar alkohol hanya sebesar 4,2 % saja.

Hal yang paling menarik lainnya adalah bir hitam Guinness juga bisa digunakan untuk memperkaya aroma dan cita rasa makanan jadi lebih kuat dan lezat. Dilansir dari tempo.co, koki ternama Renatta Moeloek memperkenalkan cara baru menikmati makanan khas Indonesia. Dalam acara Food Pairing, ia memadukan rasa bir hitam Guinness yang khas dengan sensasi cokelat yang tajam, karamel, dan buah kering yang dihidangkan bersama semur lidah khas Betawi.

Karena aroma dan cita rasanya yang kuat itu, menjadikan bir hitam Guinness sangat disukai di banyak negara. 


Tidak ada komentar

Silakan komentar dengan sopan dan hindari komentar yang mengarah ke sara, ujaran kebencian, dan hujatan. Kami juga tidak mentolerir komentar spam.

Diberdayakan oleh Blogger.