Menjaga tubuh tetap fit dan sehat saat PSBB - Sejarah bogor

Post Top Ad

Menjaga tubuh tetap fit dan sehat saat PSBB

Share This
Menjaga tubuh tetap fit dan sehat saat PSBB

Dalam masa pandemi Corona yang terjadi saat ini, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga tubuh tetap fit, sehat, dan bugar agar terhindar dari serangan berbagai penyakit. Terlebih lagi, beberapa wilayah di Indonesia telah menetapkan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB, sehingga aktivitas di luar rumah pun akan semakin dibatasi demi mencegah penyebaran virus Covid19. 


Imbauan pemerintah untuk social distancing atau jaga jarak untuk menghindari penularan virus corona menjadikan banyak dari kita lebih memilih untuk #tetapdirumah. Apalagi sudah banyak kantor-kantor yang memberikan kesempatan kepada para pegawainya untuk WFH alias Work From Home.

Kondisi ini tentu harus dimanfaatkan dengan sangat baik, karena selain dapat memutus rantai penyebaran virus corona, kita juga bisa lebih banyak berkumpul dengan keluarga di rumah. 

Dari segi lain, banyak orang akan merasa cepat bosan, belum lagi informasi terbaru seputar virus ini kian membuat kita mudah cemas dan ketakutan. Pada saat itulah, makanan menjadi pelampiasan untuk meredakan stress. 

Makanan manis pun menjadi penghibur hati yang resah, terlebih lagi di masa isolasi pandemi corona ini banyak resto maupun penyedia makanan yang berlomba-lomba menawarkan potongan harga. 

Tanpa disadari, gaya hidup yang demikian dapat memicu obesitas, diabetes, dan sindrom metabolik yang dapat memperburuk respons kekebalan tubuh. Oleh karena itu, di tengah pandemi corona seperti saat ini, sangat penting bagi kita untuk menjaga tubuh tetap fit, sehat, dan bugar. 

Ada lima cara menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh selama pemberlakuan PSBB, yaitu: 

1 Hindari makanan yang manis   

Konsumsi gula berlebihan yang terdapat dalam makanan yang disantap dapat meningkatkan risiko kecemasan hingga melemahkan sistem kekebalan tubuh. Alih-alih mengenyangkan, jika terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi gula justru dapat menjadikan kita akan selalu cepat lapar. 

Pilihlah camilan yang sehat dan mengenyangkan, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah-buahan yang rendah gula. Selain itu, pastikan juga teratur mengonsumsi makanan sehat berkualitas dengan jumlah yang tepat. 

2. Hindari minuman yang tidak sehat 

Saat isolasi, kita tidak bisa bertemu dengan teman, saudara, maupun rekan kerja. Kondisi seperti ini bisa memicu depresi dan kegelisahan pada sebagian orang. Sehingga mengonsumsi minuman beralkohol pun menjadi pilihan untuk meredam kecemasan tersebut. 

Tapi, tahukah akibatnya jika terlalu berlebihan mengonsumsi minuman beralkohol? Kesehatan Anda akan terganggu. Begitu juga bagi penggemar minuman kopi dan teh, terlalu banyak mengonsumsi kafein pun dapat memicu kegelisahan, sulit tidur, dan juga diare. 

3. Hindari junk food

Saat pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar, banyak resto dan penyedia makanan yang tidak mengizinkan kita makan di tempat. Alhasil, makanan pun dipesan melalui jasa kuris atau driver online. 

Pada saat itu juga, lebih banyak orang akan memilih makanan instan untuk dibeli dalam jumlah banyak dengan alasan bisa tahan lama. Tapi sebenarnya, makanan instan bukanlah jenis makanan yang baik untuk menjaga ataupun meningkatkan daya tahan tubuh, terlebih saat masa isolasi dari pandemi corona. 

4. Jangan malas bergerak

Walaupun tidak bisa pergi ke gym atau berolahraga di luar, tetapi kita juga bisa menjaga tubuh tetap bugar dan sehat hanya dengan melalukan berbagai aktivitas di dalam rumah. Lakukan aktivitas yang bisa mengolah ragamu seperti push-up, zumba atau squat, burpees, maupun latihan beban tubuh lain di rumah sambil menonton tutorial.

Selain itu, aktivitas fisik lain yang bisa menjadikan tubuh tetap fit dan sehat adalah membersihkan rumah secara teratur hingga merawat tanaman agar tubuh selalu bergerak. 

5. Rutin konsumsi vitamin dan suplemen

Untuk menjaga daya tahan tubuh selama PSBB, pastikan selalu rutin mengonsumsi suplemen atau vitamin setiap hari. Dengan tubuh yang fit dan sehat, maka Anda tidak akan mudah sakit dan terkena virus maupun bakteri dari luar. Untuk menjaga stamina dan agar tubuh tetap stabil, Anda bisa mengonsumsi obat herbal yang halal dan sudah bersertifikat MUI, yaitu tolak angin bebas gula yang dibuat khusus untuk Anda yang tidak suka rasa manis.  

Semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komentar dengan sopan dan hindari komentar yang mengarah ke sara, ujaran kebencian, dan hujatan. Kami juga tidak mentolerir komentar spam.

Post Bottom Ad