Asal Usul Dreded - Sejarah bogor

Post Top Ad

Asal Usul Dreded

Share This
Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded berada di Jln Pahlawan No.183, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Komplek pemakaman ini menjadi tempat perbaringan terakhir bagi para pejuang yang mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. 


Dreded


Ada dua versi yang beredar di masyarakat Bogor mengenai asal usul Dreded, yaitu: 

1. Dreded pada di jaman Pajajaran 
Kalau menilik sejarah sejak masih berdirinya kerajaan Sunda Pajajaran, kawasan ini dulunya menjadi bagian dari benteng Pajajaran yang terkenal sulit ditembus musuh. Di daerah ini pula, ketika terjadi peperangan, banyak jenazah prajurit musuh yang meninggal karna diseret-seret sehingga mengeluarkan suara "dreded". Sejak itu, kawasan ini dikenal dengan sebutan dreded.

2. Dreded adalah suara senapan bren Belanda
Versi lain menyebutkan bahwa nama Dreded berasal dari bunyi senapan api yang ditembakan secara bertubi-tubi oleh pihak Belanda saat menghadapi pejuang Republik. Di kawasan ini pula, konon banyak pejuang yang gugur terkena tembakan bren yang berbunyi "dreded" tersebut. 

Terlepas dari mana versi yang benar, namun daerah Dreded ternyata sudah ada sejak dahulu. Dari peta bertahun 1910-1920, tampak nama Dreded sudah ada dekat dengan jerokota dan layungsari.

Dreded dalam peta 1910 - 1920

Saat ini, jika menyebutkan nama Dreded, maka yang muncul dalam benak kita adalah sebuah komplek pekuburan yang cukup luas. Selain Tempat Pemakaman Umum (TPU), komplek ini juga menjadi makam-makam bagi para pahlawan baik yang dikenal maupun tidak dikenal. 

Komplek Taman Makam Pahlawan Dreded yang luasnya lebih dari 3 hektar ini dahulu berada di bawah Dinas Sosial, tapi sekarang sudah beralih ke Dinas Tenaga Kerja. Pemakaman di kawasan ini dibagi-bagi menjadi beberapa blok berdasarkan agama yang dianut oleh orang yang sudah meninggal semasa hidupnya.


Kawasan ini akan ramai oleh warga yang berziarah menjelang bulan Ramadhan dan hari Raya Iedul Fitri. Sedangkan Taman Makam Pahlawannya akan ramai pengunjung saat memperingati Hari Pahlawan.

Ada banyak pahlawan yang dikuburkan di komplek pemakaman Dreded ini, termasuk dua makam pahlawan nasional yaitu Kapten Muslihat dan Mayor Oking. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komentar dengan sopan dan hindari komentar yang mengarah ke sara, ujaran kebencian, dan hujatan. Kami juga tidak mentolerir komentar spam.

Post Bottom Ad