Empat tempat angker di Kebun Raya Bogor - Sejarah bogor

Post Top Ad

Empat tempat angker di Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor sudah berdiri sejak ratusan tahun lampau, bahkan pohon-pohon di dalamnya pun sudah umur yang lebih dari umur Kota Bogor itu sendiri. Karena itu, jika memasuki area Kebun Raya, para pengunjung harus berperilaku sopan dan tidak sompral (sombong), karena konon ada beberapa tempat yang dianggap sangat angker dan penuh misteri di dalamnya. Apa sajakah itu?

tempat angker di kebun raya bogor



Selain menyimpan koleksi aneka tumbuhan langka dan pepohonan yang berukuran besar, Kebun raya Bogor juga menyimpan berbagai macam misteri di dalamnya, termasuk beberapa lokasi yang dianggap angker. Nah, sejarah bogor akan mengulas empat tempat angker di Kebun Raya Bogor


1. Makam keramat di Kebun Raya Bogor 
Tempat yang dipercaya memiliki kesan angker di dalam Kebun Raya Bogor adalah lokasi tempat makam-makam keramat berada. Makam tersebut diyakini sebagai makam dari para petinggi di Kerajaan Sunda Pajajaran, yaitu Makam pangima perang pasukan Kerajaan Pajajaran yang dikenal dengan sebutan Mbah Japra, makam patih dari Kerajaan Pajajaran yang disebut Mbah Ba'ul, dan makam ibu Ratu Galuh Mangku Alam istri dari Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi. 


Makam keramat di Kebun Raya Bogor
Makam keramat di Kebun Raya Bogor


Ketiga makam keramat yang terdapat dalam kompleks pemakaman kecil seluas 200 meter persegi tersebut dirawat dan dijaga oleh seorang juru kunci yaitu Abdurrahman yang dibantu dua orang perawat makam. Lokasi makam itu sendiri terletak tidak jauh dari Jembatan Merah (Jembatan Gantung) di area KRB.

Suasana mistis akan tampak ketika hari mulai gelap, dan pada malam harinya suasana tersebut akan semakin mencekam sehingga bisa memberikan nuansa yang berbeda ketika kita berjalan melewati kompleks makam tersebut. Karena konon katanya, di sekitar makam tersebut sering berkeliaran dua sosok hewan berupa macan putih dengan loreng hitam yang dipercaya sebagai penjaga makam tersebut. Selain itu, sosok kelelawar berukuran besar kerap menampakkan wujudnya.

2. Komplek Makam Belanda
Selain makam keramat, Kebun Raya Bogor juga menyimpan beberapa makam peninggalan para pejabat dan petinggi dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Menurut informasi, keberadaan makam-makam tersebut sudah ada sebelum Kebun Raya didirikan pada tahun 1817. Hal tersebut tampak dari salah satu makam milik Cornelis Potsman seorang ahli kimia Belanda yang dimakamkan pada tahun 1784.


Komplek Makam Belanda


Selain itu, ada juga beberapa makam milik orang-orang penting pada masanya, seperti makam D.J De Eerns yang menjabat Gubernur Jenderal Hindia Belanda tahun 1836-1840.

Jumlah makam keseluruhan yang ada dalam kompleks makam tersebut sekitar 42 makam, dari jumlah tersebut hanya 32 makam saja yang bisa dikenali.

Suasana mistis tampak pada sekeliling makam yang dirimbuni oleh pohon-pohon bambu , karena konon pohon bambu yang terdapat di seputaran makam tersebut menjadi rumah bagi penghuni dunia lain.

Bahkan di tempat itu katanya sering muncul penampakkan sosok wanita dengan gaun putih dan berambut panjang.

3. Area sekitar Danau Gunting
Lokasi Danau Gunting berada di belakang Istana Bogor, tepatnya dekat pintu masuk utama Kebun Raya Bogor. Dari situ anda tinggal berjalan lurus melalui Tugu Lady Raffles. Danau yang tidak terlalu luas itu mempunyai pulau kecil di bagian tengahnya. Pulau itulah yang menjadi habitat bagi berbagai spesies burung dan bangau. 


Empat tempat angker di Kebun Raya Bogor


Konon katanya di sekitar kolam tersebut tinggal sosok mahluk besar yang tak kasat mata yang tinggal di pohon lengkeng yang berada tepat di samping kolam, sedangkan di pulau kecil di tengah danau kabarnya sering muncul sosok noni Belanda dengan pakaian bak orang jaman dulu.

4. Gedung Laboratorium Treub


Laboratorium Treub

Selain menjadi tempat bagi ribuan pohon-pohon dari berbagai jenis, Kebun Raya Bogor sejak dahulu menjadi tempat untuk meneliti berbagai jenis tanaman yang dilakukan oleh ahli-ahli botani yang didatangkan dari Belanda seperti Mr.Treub. Untuk mendukung penelitiannya, beberapa bangunan pun didirikan salah satunya gedung laboratorium ini.


Selama bertahun-tahun, gedung laboratorium tidak digunakan untuk beraktivitas. Sejak itulah, beberapa peristiwa mistis kerap terjadi, mulai dari kemunculan suara-suara yang tidak jelas asal-usulnya, hingga suara-suara seperti benda jatuh, suara pintu yang dibuka lalu ditutup dengan keras, dan suara lain yang cukup membuat bulu kuduk berdiri.

Itulah empat tempat angker di Kebun Raya Bogor yang perlu anda kunjungi jika kebetulan sedang melancong ke Kota Bogor. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad