Gedung Karesidenan terletak di Jalan I.R. H. Djuanda yang dahulu bernama Jalan Besar / Grote Weg. Bangunan dengan dua lantai ini dibangun pada tahun 1870 dan berada tidak jauh dari Hotel Salak. Pada awalnya, lantai pertama difungsikan sebagai kantor, sedangkan lantai dua dimanfaatkan menjadi rumah tinggal.

Gadung Karesiden yang terletak di Jalan Besar /Grote weg  (Jln Juanda) berdampingan dengan Hotel Dibbets (Hotel Salak). Gedung ini dibangun sejak tahun 1870 dan terdiri dari dua lantai, yaitu lantai pertama difungsikan sebagai kantor sedangkan lantai dua dimanfaatkan sebagai rumah tinggal.   Berbeda dengan bangunan-bangunan lain di Buitenzorg yang dirancang oleh para arsitek Belanda, Gedung Karesidenan dirancang oleh insinyur sipil dari Departemen Pekerjaan Sipil (Watersaat). Hal tersebut terlihat dari bentuk bangunannya yang sangat sederhana, formal dengan tembok-tembok yang tebal. Selain itu, pengaruh neo-klasik juga sangat kuat memengaruhi bangunan ini dengan banyaknya tiang-tiang penyangga bangunan dan jendela model setengah lingkaran.  Tahun 1928, Gedung Karesidenan dirubah fungsinya menjadi Kantor Pembantu Gubernur sampai dengan tahun 1976. Namun sejak tahun 2000, Gedung ini kembali berubah fungsi menjadi Kantor Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah I.     *A.M*
Berbeda dengan bangunan-bangunan lain di Kota Bogor tempo dulu yang umumnya dirancang oleh para arsitek Belanda, Gedung Karesidenan justru dirancang oleh seorang insinyur sipil dari Departemen Pekerjaan Sipil Hindia Belanda (Watersaat).

Gedung karesidenan tahun 1880
Gedung karesidenan tahun 1880

Hasil rancangannya bisa terlihat dari bentuk bangunan yang sangat sederhana, formal dengan tembok yang tebal. Selain itu, pengaruh neo-klasik juga menjadi unsur yang mempengaruhi model bangunan ini dengan banyaknya tiang-tiang penyangga dan jendela berbentuk setengah lingkaran.

 Kantor Badan Koordinas Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah I BOGOR

Pada tahun 1958, Gedung Karesidenan kemudian berubah fungsi menjadi Kantor Pembantu Gubernur sampai dengan tahun 1976. Setelah era milenium, Bangunan ini mulai difungsikan menjadi Kantor Badan Koordinas Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah I.


BACA JUGA :   Asal dan Usul nama Kota Batu di Bogor
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here