Di pusat kota Bogor ada sebuah jalan yang bernama Jalan Pengadilan. Penggunaan nama tesebut tak lain dikarenakan di daerah ini terdapat sebuah bangunan yang sudah lama digunakan para pengadil memberikan putusan hukum, yaitu gedung pengadilan.

Di masa kolonial jalan ini memiliki nama Hospital weg atau Jln Rumah Sakit, karena salah satu ujung jalan ini berhadapan langsung dengan Rumah Sakit khusus tentara di Jalan Sudirman.

Gedung Pengadilan Negeri Bogor merupakan salah satu Pengadilan tertua yang ada di Bogor atau bahkan Indonesia. Bangunannya diperkirakan telah berdiri sejak tahun 1800an, hal ini bisa dibuktikan dari sebuah foto lama yang menggambarkan bentuk bangunan lama Kantor Pengadilan bertahun 1875.

Selain itu, ada juga sebuah laporan bertanggal 11 Januari 1825 mengenai dilakukannya sebuah sidang tuntutan di gedung ini kepada seorang penduduk bernama Ratal (40 tahun) yang diduga sebagai perampok yang telah menembak seorang priyayi di daerah Ciomas.

Hospital Weg di Peta Bogor tahun 1900 - 1920
Hospital Weg di Peta Bogor tahun 1900 – 1920

 

Dalam peta bertahun 1900 – 1920, tampak jelas nama jalan pengadilan yang dulu bernama Hospital weg dan beberapa bangunan penting yang ditandai dengan warna merah, salah satunya Landraad Gebouw yang kini digunakan sebagia Kantor Pengadilan Negeri Bogor.

Sejak 2004, Pengadilan-pengadilan di seluruh Indonesia yang tadinya berada di bawah Departemen Kehakiman Republik Indonesia kini berada di bawah Institusi Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Sebelumnya, wilayah hukum Pengadilan Negeri Bogor meliputi seluruh kotamadya dan kabupaten Bogor, namun kini mencakup hanya wilayah Kota Bogor saja.

Lokasi Kantor Pengadilan Negeri Bogor
Jalan Pengadilan 10, Kelurahan Pabaton
Kecamatan Bogor Tengah
Kota Bogor

BACA JUGA :   Sejarah Masa Silam di Kampung Empang
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here