Gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Bogor berada di Jln Juanda No.16, Keluarahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Bangunan yang sudah berdiri sejak 1918 ini merupakan salah satu Bangunan Cagar Budaya yang tetap dilestarikan keberadaannya.

Pada masa pemerintahan kolonial Hindia-Belanda, bangunan ini digunakan sebagai MULO atau Meer Uitgebreid Lager Onderwijs  yang setara SMP. Para pelajar yang bersekolah ini umumnya berasal dari lulusan HIS dan ELS. Masa belajar berlangsung selama tiga tahun, sebelum berlanjut ke Sekolah yang lebih tinggi, yaitu Algemeene Middelbare School (AMS) yang setara SMA.

Pada masa bersiap atau masa peralihan setelah kekalahan Jepang dan kedatangan Belanda, bangunan ini digunakan sebagai markas sementara untuk serdadu Inggris yang dibantu Gurkha. Gedung ini juga menjadi saksi sejarah bagaimana para pejuang Bogor dahulu berusaha merebutnya untuk dijadikan markas gerilya.

MULO sekitar tahun 1920
MULO sekitar tahun 1920
Setelah Belanda mengakui kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, pada 1949 bangunan bekas MULO ini kemudian digunakan sebagai gedung SMP Negeri Bogor, sampai kemudian menjadi SMP Negeri 1 Kota Bogor.
Sesuai UU no 5 tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya, Pemerintah Kota Bogor kemudian menetapkan Gedung SMP dan SMA Negeri 1 ini sebagai salah satu Bangunan Cagar Budaya yang wajib dijaga keberadaannya.