Tips agar mobil diesel tetap irit dan lanjay - Sejarah bogor

Post Top Ad

Tips agar mobil diesel tetap irit dan lanjay

Share This
Kendaraan bermesin diesel dikenal cukup tangguh melintasi berbagai medan yang tidak bisa dilalui mobil bensin atau terbatas. Karena torsi yang besar dan sanggup membawa beban berat itulah, perawatan kendaraan ini harus selalu diperhatikan agar mesin tetap optimal. Berikut tips agar mobil diesel tetap irit dan lanjay.

tips agar mobil diesel tetap irit dan lanjay

1. Panaskan mesin lebih dulu sebelum digunakan 

Sebelum mulai melakukan aktivitas dengan mobil diesel kesayangan, pastikan mesin sudah dinyalakan lima menit sebelum digunakan. Hal ini agar oli bisa bekerja maksimal dengan melumasi bagian mesin dan turbocharger. Pelumas mesin ini dapat membantu sistem kerja komponen mesin diesel tetap halus meski selalu bergesekan. Dengan begitu, umur mesin pun akan menjadi lebih tahan lama dan selalu lancar jaya (lanjay). 

2. Ganti oli secara rutin 

Karena oli bertugas menjaga mesin tetap awet dari kerusakan, maka tugas pemilik berikutnya adalah menjaga kualitas oli secara rutin. Ikuti aturan pergantian oli yang tertera di buku panduan pemilik / buku manual, karena setiap pabrikan memiliki cara yang berbeda, ada yang per 5.000 km atau 10.000 km. Setelah itu, pilih oli mesin diesel yang sesuai rekomendasi pabrikan. 

3. Gunakan bahan bakar yang tepat 

Bahan bakar diibaratkan nutrisinya mesin, oleh karena itu gunakan bahan bakar yang tepat agar mesin bisa menghasilkan gas buang rendah emisi seperti Dexlite

Dexlite adalah salah satu varian bahan bakar diesel untuk mobil low SUV maupun mobil niaga berteknologi commonrail. Dexlite produksi Pertamina ini memiliki angka Cetane minimal 51 dan mengandung sulfur maksimal 1200 ppm, artinya bahan bakar ini  akan menghasilkan emisi yang ramah lingkungan serta irit pemakaian.

4. Bersihkan Injector Secara Rutin

Lazimnya mesin diesel modern sudah dilengkapi dengan teknologi injector commonrail yang akan menjaga mobil selalu hemat bahan bakar dan untuk meningkatkan kekuatan mesinnya. Merawat dan membersihkan injector secara rutin akan menjadikan mesin mobil diesel menjadi lebih awet dan tahan lama. 

5. Cek dan ganti filter bahan bakar 

Mesin diesel berteknologi modern juga membutuhkan perawatan filter bahan bakar. Hal ini untuk mencegah kotoran berskala micron di dalam sistem commonrail menyumbat injector yang menyebabkan penurunan performa mesin. Oleh karena itu, filter bahan bakar harus dalam keadaan yang baik dan optimal untuk menyaring partikel kotoran tersebut.

6. Cek dan ganti filter udara

Udara dibutuhkan untuk proses pemampatan saat terjadinya kompresi. Karena itulah, suplai udara bersih menjadi menu wajin dalam perawatan mobil mesin diesel. Filter udara yang kotor akan menyebabkan terbatasnya jumlah suplai udara ke mesin, akibatnya pembakaran jadi tidak sempurna dan akan berdampak buruk pada komponen mesin lainnya. 

Itulah beberapa tips agar mobil diesel tetap irit dan lanjay.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komentar dengan sopan dan hindari komentar yang mengarah ke sara, ujaran kebencian, dan hujatan. Kami juga tidak mentolerir komentar spam.

Post Bottom Ad