Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (MUNASAIN) - Sejarah BOGOR

Post Top Ad

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (MUNASAIN)

Perkembangan ilmu pengetahuandi Indonesia cukup pesat, hal ini ditunjukan dengan perkembangan dunia komunikasi yang semakin canggih, juga makin banyaknya ilmuwan dan para pakar yang berkontribusi sesuai bidangnya masing-masing. Bogor (Buitenzorg) menjadi salah satu pusat ilmu pengetahuan di Indonesia. 

sejarah munasain bogor


Hal ini dibuktikan dengan banyaknya institusi dan lembaga-lembaga pendidikan yang bergerak di bidang ilmu pengetahuan seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), Penelitian padi dan tanaman pangan, penelitian karet, penelitian tanah, Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP), Kebun Raya Bogor, Museum Zoologi, Museum Etnobotani Indonesia, dan kini Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia atau MUNASAIN.


Sejak diresmikan pada tahun 2016 lalu, MUNASAIN terus berkembang menjadi satu-satunya museum dengan koleksi lengkap sejarah alam Indonesia yang meliputi kekayaan ekosistem dan sumber daya hayati di Indonsia. Museum ini dikelola oleh Pusat Penelitian Biologi dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).


Perjalanan sejarah Kota Bogor sejak masa penjajahan Belanda, banyak institusi-institusi yang didirikan setelah berdirinya Kebun Raya atau Lands Plantentuin. Kini, Bogor tidak hanya menjadi pusat ilmu pengetahuan saja, namun sejak Indonesia merdeka kota ini sudah banyak menciptakan para ilmuwan di berbagai bidang sumber daya alam. 


Penelitian di bidang Botani dan Biologi dulu dipusatkan di Herbarium Bogoriense, yang berada di bawah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atu LIPI. Setelah dipindahkan ke Pusat Penelitian Biologi di Cibinong Science Center (CSC) di Kabupaten Bogor. Gedung bekas Herbarium Bogoriense ini disiapkan menjadi sebuah Museum Nasional yaitu Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia atau MUNASAIN.


Sebagai museum berskala nasional, Munasain memberikan edukasi kepada para pengunjungnya mengenai sejarah alam Indonesia, Budaya, dan Keanekaragaman hayati yang menjadi identitas bangsa. Museum berbasis sains ini bertujuan memberikan pendidikan berkesinambungan kepada pengunjungnya. 

koleksi foto bogor tempo dulu munasain
Salah satu koleksi foto Pasar Bogor tahun 1950 di Munasain

Salah satu koleksi foto Pasar Anyar tahun 1950 di Munasain


Koleksi MUNASAIN

Ruang Pamer di Munasain



Selain foto-foto Bogor Tempo Doeloe yang diambil sejak masa sebelum dan sesudah kemerdekaan, Museum ini juga menyimpan beragam koleksi lengkap mengenai kebudayaan dan kekayaan alam di Indonesia.


Sejak diresmikan pada 31 Agustus 2016 lalu, Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia terus melakukan pengembangan, mulai dari tata letak pameran, program-program dan ruang publik, hingga pengembangan sarana dan prasarananya. 


Tertarik mengunjungi MUNASAIN? Silakan kunjungi alamat di bawah ini: 

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Jl. Ir. H. Juanda 22 - 24, Pusat Penelitian Biologi – LIPI, 

Paledang, Bogor Tengah 

Telp:  (0251) 8387703




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad