Sakit gigi, penyebab dan cara mengatasinya - Sejarah bogor

Post Top Ad

Sakit gigi, penyebab dan cara mengatasinya

Share This

Kebiasaan hidup yang tidak sehat menjadi faktor utama penyebab sakit gigi maupun masalah mulut lainnya. Selain gigi yang nyeri, penyakit ini juga bisa menyebabkan suasana hati gampang berubah, terutama ketika mendengar suara yang sangat berisik. 



Walaupun sakit gigi merupakan sebuah gejala yang muncul dari penyakit pada gigi atau gusi, tapi dalam beberapa kasus sakit gigi bisa menjadi tanda adanya penyakit di bagian tubuh yang lain seperti serangan jantung atau gangguan saraf di wajah. 

Secara umum, sakit gigi muncul sebagai gejala penyakit yang terjadi pada rongga mulut atau bagian tubuh lainnya. Adapun sakit gigi yang terjadi di dalam rongga muut antara lain disebabkan oleh: 


  • Gigi yang berlubang,
  • Tumbuh gigi yang dialami oleh bayi dan anak-anak.
  • Gigi rusak atau patah,
  • Gigi tanggal,
  • Adanya pembengkakan pada bagian gusi,
  • Gigi bungsu yang tumbuh secara tidak normal,
  • Adanya pembusukan pada gigi, misalnya akibat jarang gosok gigi,
  • Permasalahan pada kawat gigi,
  • Kebiasaan menggeratakan gigi (bruxism).


Sakit gigi yang dipicu oleh nyeri dari bagian tubuh lain biasanya terjadi ketika tubuh mengalami sinusitis, gangguan sarag di wajah (Trigeminal neuralgia), kankter paru-paru, dan penyakit jantung.

Jika Anda atau salah satu keluarga mengalami sakit gigi, maka hal yang sebaiknya dilakukan adalah segera mungkin menemui dokter gigi untuk mencati tahu apa penyebabnya. Tapi sebelumnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit gigi, yaitu:

  1. Membersihkan sela-sela gigi untuk membuang sisa-sisa makanan yang tersangkut.
  2. Berkumur dengan air hangat.
  3. Berkumur dengan cairan antiseptik / obat kumur.
  4. Mengompres pipi dengan kompresan dingin jika terjadi cedera penyebab sakit gigi.
  5. Segera minum obat pereda nyeri sesuai petunjuk yang tertera di kemasan obat.

Jika sakit gigi masih terus berlanjut, maka hal yang bisa dilakukan adalah segera berkunjung ke dokter gigi langganan Anda, atau segera membawanya ke rumah sakit. Untuk masalah ini, Anda tidak perlu khawatir mengenai proses administrasinya, karena bisa memanfaatkan Asuransi Kesehatan dengan sistem Cashless dari Prudential Indonesia

Dengan kartu Cashless dari perusahaan Asuransi, Anda akan mendapatkan layanan optimal. Selain itu, Anda bisa lebih fokus pada penyembuhan sakit gigi, adapun pihak asuransi akan mengurus dan menyelesakan masalah administrasinya. Mudah bukan?

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komentar dengan sopan dan hindari komentar yang mengarah ke sara, ujaran kebencian, dan hujatan. Kami juga tidak mentolerir komentar spam.

Post Bottom Ad